Rabu, 09 Februari 2011

menggapai kunci surga

Dalam sebuah riwayat, Rasululloh saw pernah bersabda bahwasannya segala sesuatu itu memiliki kunci dan kunci dari surga adalah ilmu. sekilas dari redaksi rasulullah tersebut, kata kunci dari judul yang saya ambil dalam tulisan kali ini adalah kunci surga yakni ilmu.

Terlebih  dahulu kiranya penting saya depankan sedikit mengenai ilmu itu sendiri. ilmu, jika di tinjau dari segi etimologi yakni berasal dari bahasa arab yang berarti mengetahui. adapun dari segi terminologi, para ulama' mengatakan bahwa ilmu adalah cahaya Allah yang dihujamkan kepada manusia. dalam kajian ushul fikih, ilmu dimaknai dengan sesuatu yang jika dimiliki oleh seseorang, maka menjadi jelaslah apa yang menjadi pertanyaan atau permasalahannya. dalam terminologi ini, ilmu terkesan sama dengan pengetahuan, padahal antara keduanya terdapat perbedaab yang spesifik. dalam buku filsafat ilmu karangan mas jujun (eithh q bkan adikx jujun lhoo), ilmu adalah bagian dari pengetahuan, karena pengetahuan adalah segala yang kita ketahui termasuk di dalamnya agama dan budaya. menurut ahli hikmah: ilmu adalah sesuatu yang harus dimiliki manusia, karena manusia tanpa ilmu laksana binatang.

Dari beberapa pengertian ilmu diatas kiranya kita tidak akan banyak bertanya lagi, kenapa ilmu menjadi kunci syurga sebgaimana yang dikatakan oleh rasululloh diatas. karena sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah untuk merubah kejahilannya menjadi orang-orang yang berfikir, kalau dalam bahasa Al qurannya, menjadi insan Ulul Albab. nah.. hal inilah yang dalam istilah selanjutnya dinamakan ibadah. sehingga dalam salah satu ayat Al qur an dikatakan bahwa Allah tidaklah menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Allah.

kenapa dalam ayat tersebut hanya disebutkan jin dan manusia? dalam hemat saya, yang bisa mencerna pengetahuan dari mahluk Allah di alam ini adalah hanya jin dan manusia.
sehingga setelah manusia dan jin mampu untuk mengemban amanat itu, maka Allah telah menyediakan syurga sebagai balasannya
.
untuk itu kepada manusia-manusia yang masih lupa dengan tugas utama mereka, termasuk dalam hal ini saya sendiri, sadarlah... sesungguhnya Allah telah menyiapkan syurga untuk yang taat dan neraka (na'udzubillah) untuk orang yang kafir. raihlah kunci surga itu dengan sebuah mahluk Allah yang sering dilupakan manusia padahal merupakan kebutuhan mereka yakni ilmu.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Advertising

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

visitors

Copyright © 2012. Menggenggam Hikmah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz