Sabtu, 26 Februari 2011

out bond PKPBA

pada tanggal 26 februari 2011, tim PKPBA UIN Malang mengadakan acara out bond untuk mahasiswanya, acara itu di ikuti oleh sekitar seribuan mahasiswa yang terdiri dari 22 kelas yang kemudian kelas mereka menjadi kelompok masing-masing. lokasi out bondnya adalah lembah dieng. semua mahasiswa begitu antusias mengikuti acara tersebut, mereka membawakan yel-yel yang di wajibkan oleh panitia dengan begitu ceria. di samping itu, masing-masing kelompok diharuskan mempersiapkan lagu nasyid dan sebuah drama untuk di pentaskan disana. Seminggu sebelum hari H, semua kelompok telah mati-matian mempersiapkan diri, mulai dari latihan yel-yel sampai drama, pantas saja jika acara ini begitu melelahkan bagi para mahasiswa. 

Acara ini merupakan rutinitas di lingkungan PKPBA UIN Malang, karena merupakan pembelajaran luar kelas, sebagaimana yang di katakan ketua PKPBA pada sambutan pembukaan acara out bond tersebut. Bagiku acara PKPBA ini sudah cukup bagus, disamping mengasah kreatifitas mahasiswa, acara seperti ini juga akan mempererat tali silaturrohim.

Akan tetapi disamping semua itu, setelah saya mengamati keberlangsungan acara itu, ada sesuatu yang saya lihat kurang positif bahkan merupakan larangan dalam ajaran agama islam yang seharusnya hal itu tidak boleh dilakukan, lebih-lebih oleh lembaga yang berlabel Universitas Islam. Yang pertama adalah solat, karena acara berlangsung sehari full, maka mau tidak mau kita akan berjumpa dengan dua kewajiban kita kepada sang Ilahi, yakni solat zuhur dan asar. seharusnya panitia memperhatikan waktu dan mengkondisikan maha siswa untuk segera menunaikan solat, ketika waktu talah tiba. namun yang saya lihat, panitia hanya menyuruh peserta solat melalui pengeras suara, tanpa mengarahkan mereka, wal hasil banyak para peserta yang solatnya lolos alias meninggalkannya, innalillah. Yang kedua adalah tentang penghijaban antara lelaki dan wanita, dimana suasana acara yang saya lihat begitu semeraut, lelaki dan wanita mandi bersama dalam satu kolam yang tidak terlalu besar, bisa dibayangkang bagaimana rupa hampir seribuan mahasiswa mandi bersama di kolam yang tidak sesuai kapasitas yang mesti di tampung kolam itu. sehingga, hal-hal yang berbau porno sempat terlihat, seperti pegangan tangan bahkan sampai yang memeluk, innalillah wa na'udzubillah.
yang terakhir adalah tentang rasisime yakni sifat membanggakan golongan, dimana yang kita lihat dalam acara out bond ini adalah setiap kelompok akan membawakan yel-yel yang isinya tentang kemumtazan kelompok masing-masing dan merendahkan kelompok yang lain. hal ini akan menanamkan jiwa rasisisme dalam diri mahasisiwa meskipun dalam skala yang kecil. Seharusnya panitia mampu untuk mengkompakkan mahasiswa bukan hanya dalam ranah kelompok atau golongannya sendiri, tetapi bagaimana mengkompakkan mereka dalam satu lembaga yakni universitas islam negeri malang, atau yang lebih jauh lagi atas nama islam. 

Demikianlah tulisan kecil ini saya tulis atas nama mahasiswa UIN Malang sekaligus peserta dalam out bond kemarin, dan hal itulah yang saya dapatkan dari acara tersebut. Namun demikian acara ini adalah acara yang monumental yang sangat luar biasa bagiku, dan teman-teman semua, yang semua itu terlihat pada status facebook mereka pada hari setelahnya, bahkan ada yang resfonnya pada sabtu malam, (ternyata mahasiswa UIN rata-rata demam facebook, hihihi..). mereka sangat terkesan dengan acara itu sampai sampai salah satu dari mereka mengatakan, selama aku mengikuti acara out bond, hanya ini yang paling luar biasa.  

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Advertising

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

visitors

Copyright © 2012. Menggenggam Hikmah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz