Selasa, 15 Februari 2011

padanan doktrin aswaja dengan pancasila

Tulisan ini saya buat untuk menjawab sebuah pertanyaan yang pernah saya temukan di FB, yang mungkin pertanyaan ini merupakan pertanyaan dari beberapa orang lainnya di luar sana. pertanyaan itu berbunyi: apa kontribusi nyata dari Aswaja? terutama terhadap indonesia!

mengenai permasalahan ini, terlebih dahulu saya ingin mengajak pembaca untuk memperhatikan sebentar saja dari dasar negara indonesia ini, yakni pancasila. yaitu: ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan keadilan, dan yang terakhir keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

kelima doktrin dasar negara indonesia tersebut, jika kita kaitkan dengan ajaran pokok aswaja dalam hal sosial dan politik yaitu:
a. prinsip syura (musyawarah)
b. al adl (keadilan)
c. Al hurriyyah (kebebasan)
d. Al musawah (kesetaraan derajat).

jika kita melihat keempat doktrin aswaja diatas, sudah cukup jelas kontribusi yang diberikan oleh aswaja dalam proses berjalannya sistem pemerintahan di negara indonesia ini, dimana sebagian besar penduduknya beragama islam, jadi setidaknya dengan pemahaman yang diberikan aswaja kepada masyarakat indonesia, dapat memberikan sumbangsih dalam proses berjalannya pemerintahan di negara ini. wal hasil cita-cita bangsa indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat dapat semakin mudah akan diwujudkan, hanya menunggu bagaimana duet dua doktrin yang mesti dipegang negara ini, yakni doktrin pancasila dan doktrin keislaman, dalam hal ini aswaja itu sendiri dijalankan dengan seefektif mungkin. Allahu a'lam



0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Advertising

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

visitors

Copyright © 2012. Menggenggam Hikmah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz