Selasa, 21 Juni 2011

DEFINISI KEBUDAYAAN


Dalam tulisan ini saya tidak akan mengemukakan pengertian baru tentang kebudayaan, karena sesungguhnya kita telah kaya tentang pengertian kebudayaan tersebut, sebgaimana yang telah banyak dipaparkan oleh para ahli. disamping juga untuk menghindari tautologi (pengulangan yang sia-sia) dalam tulisan ini.
Disini, saya ingin memaparkan beberapa pengertian kebudayaan yang telah disebutkan oleh para ahli yang kami kutib dari buku-buku kebudayaan. Hal ini untuk mempermudah bagi teman-teman mahasiswa dalam mencari referensi tentang kebudayaan. Namun harapan saya bagi yang telah membaca definisi kebudayaan yang saya tulisakan, ada baiknya setelah membaca blog ini, mencari rujukan sebenarnya, karena blog ini masih belum bisa untuk dijadikan referensi. Disamping karena penulisannya masih belajar, juga untuk keakuratan data yang dipakai. Semoga kita senantiasa ditambahkan ilmu oleh Nya.
Berikut beberapa definisi kebudayaan:
1           E.B. Taylor
Kebudayaan adalah keseluruhan kompleks, di dalamnya terkandung ilmu pengetahuan yang lain, serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyarakat.
2           R. Linton
Kebudayaan adalah konfigurasi dari tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentukannya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu.
3           C. Klukhohn dan W.H. Kelly
merumuskan kebudayaan sebagai hasil tanya jawab dengan para ahli antropologi, sejarah, hukum, psikologi yang implisit, eksplisit, rasional, irasional terdapat pada setiap waktu sebgai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.
4           Melvillle J. Herskovits
Kebudayaan adalah bagian dari lingkungan buatan manusia (man made part of environment)
5           Dawson
Kebudayaan adalah cara hidup bersama (culture is common way of life)
6           J.P.H. Dryvendak
Kebudayaan adalah kumpulan dari scetusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.
7           Ralph Linton
Kebudayaan adalah sifat sosial manusia yang turun temurun (Man’s Social Heredity)
8           Prof. Dr. Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan kelakuan dan hasil kelakuan manusiayang diatur oleh tata kelakuan yang harus didapatkannya dengan belajar, dan semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.
9           Sultan Takdir Alisyahbana
Kebudayaan adalah manifestasi dari cara befikir.
10       Djoko Widagdho
Kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup.
Demikian beberapa pengertian kebudayaan yang bisa kami tuliskan. Dan yang terpenting juga kebudayaan dan budaya itu berbeda. budaya adalah cipta karsa dan karya manusia sedangkan kebudayaan adalah hasil dari cipta karsa dan karya manusia tersebut.
Catatan:
Cipta :  keinginan manusia untuk mengetahui rahasia segala hal yang ada dalam pengalamannya. Hasil cipta tersebut  berupa berbagai ilmu pengetahuan.

Karsa :  keinginan manusia untuk mengetahui dari mana manusia itu sebelum lahir dan kemana manusia itu setelah mati.
Rasa : keinginan manusia akan keindahan, sehingga menimbulkan dorongan untuk menikmati keindahan.

Sumber:
Drs. Sujarwa. Manusia dan fenomena budaya.
Koentjaraningrat. Kebudayaan mentalitas dan pembangunan.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Advertising

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

visitors

Copyright © 2012. Menggenggam Hikmah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz