Selasa, 29 November 2011

Tehnik Berdebat Yang Baik

Dalam tulisan ini, debat yang saya maksud tentunya bukan debat liar, dalam artian perdebatan yang sering dilakukan oleh orang-orang di warung kopi atau tempat umum lainnya, akan tetapi debat yang saya maksudkan di sini adalah debat dalam perlombaan, entah itu dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing.
Ada beberapa tehnik dalam berdebat yang penting dan menjadi kunci sebuah kemenangan, yang mana hal ini saya dapatkan dari guru saya, sekaligus pengalaman langsung saya selama mengikuti lomba debat. Berikut beberapa hal dan tehnik yang penting diperhatikan dalam berlomba: 
 Mempersiapkan mental
Mental adalah sesuatu yang sangat penting dalam melakukan sebuah perdebatan, karena segala argument yang akan kita sampaikan, tidak akan terarah dengan benar jika masih dalam keadaan gerogi atau kurang mental, jadi mental sangat dibutuhkan dalam menjalani sebuah lomba debat.
2.      Melancarkan bahasa
Hal ini sangat penting karena nilai sebuah argument juga diukur dari kelancaran menyampaikannya, terlebih lagi untuk debat bahasa asing, misalnya dalam lomba debat bahasa arab,
pembiasaan kalam sangat dibutuhkan untuk mengurangi keterbata-bataan dalam penyampaian argument.
3.      Memiliki wawasan yang luas
Karena tema debat, biasanya menggunakan isu-isu kontemporer yang umumnya merupakan permasalahan yang kontradiktif dalam masyarakat, sehingga wawasan tentang segala macam ilmu sangat dibutuhkan, entah itu mencakup: ekonomi, social, politik, budaya dan sebagainya.
4.      Kekompakan dalam group
Kekompakan biasanya masuk dalam kriteria penilaian juri, sehingga kekompakan sangat dibutuhkan, disamping juga kekompakan itu penting untuk menyatukan argument, sehingga argumen terkesan benar-benar kuat.
5.      Gerak tubuh (performance)
Gerak tubuh merupakan gaya seorang debater dalam menyampaikan argumennya, hal ini juga penting untuk mengambil perhatian juri dan menjatuhkan mental lawan.
6.      Menggunakan bahasa yang kontemporer
Dalam hal ini penggunaan bahasa ilmiah untuk meberikan warna dalam kesustraan bahasa.
7.      Mempersiapkan kata-kata yang menjatuhkan argument lawan
Kata-kata yang saya maksudkan tentunya bukan seperti menghina lawan akan tetapi menolak dengan bahasa yang keras, namun tidak terkesan meremehkan atau menghina lawan.
8.      Penggunaan pembukaan (mukaddimah) yang bagus dan indah
Biasanya kata-kata pertama akan menjadi hal yang menarik perhatian hadirin, terlebih bagi dewan juri, karenanya kata-kata yang memikat sangat dibutuhkan dalam membuka sebuah perdebatan, sehingga pertama kali hadirin atau lawan mendengar kata-kata kita, langsung tergetar dan memberikan efek down kepada lawan.
9.      Menjaga emosi
Jangan sekali-kali terpancing dengan taktik lawan ataupun dengan gaya bahasa lawan yang panas, karena hal itu akan mengurangi konsentrasi kita dan pada ujungnya, akan membuat penyampaian argument kita amburadur, atu tidak jelas karena sudah tersulut api emosi. Untuk itu selalulah tenang dalam menjalani sebuah perdebatan.
10.  Berdoa
Jangan lupa berdoa sebelum brtanding, karena hal itu akan membuat kita semakin tenang dan memiliki motifasi yang kuat untuk menang.
Demikian beberapa hal yang saya rasa penting untuk diperhatikan dalam mengikuti perlombaan debat, namun demikian disana masih banyak hal lain yang tentunya penting juga, namun saya rasa sepuluh hal ini sudah mewakili dari berbagai banyak tersebut.
Idza ‘azamta fatawakkal ‘alallah.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Advertising

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

visitors

Copyright © 2012. Menggenggam Hikmah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz