Kamis, 18 April 2013

Perencanaan Pariwisata dan Kesejahteraan Masyarakat


Mengingat pariwisata merupakan salah satu sumber penghasilan yang cukup bisa diandalkan untuk mensejahterakan masyarakat, maka perencanaan pariwisata harus bisa diwacanakan sebaik mungkin sebelum melanjut ke aktifitas pariwisata. Salah Wahab, dalam bukunya manajemen kepariwisataan menulis tentang beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam merencanakan sebuah aktifitas pariwisata[1]. Diantaranya:

Aspek sosial
Aktifitas pariwisata merupakan aktifitas yang bisa menjadi manifestasi akulturasi maupun asimilasi budaya antar daerah ataupun Negara, mengingat perbauran pariwisata berarti perbauran antara beragam etnis, budaya, dan kebiasaan manusi dengan psikologi yang beragam pula. Dalam perencanaan pariwisata penting untuk memenkaji sisi sosiologis guna menjaga eksisitensi kearifan local yang dimiliki masing-masing daerah pariwisata.

Aspek budaya
Adanya aktifitas pariwisata tentunya memiliki konfleksitas bidang-bidang kehidupan, segalanya dikomoditaskan untuk bisa menarik minat wisatawan agar berkunjung ke suatu wilayah. Dengan demikian kebudayaan yang dimiliki oleh wilayah wisata secara tidak langsung ikut menjadi wujud wisata yang ada padanya. Misalnya saja, sebagaimana yang kita saksikan di pulau bali, Lombok dan sebagainya. Perencanaan agar ontentisitas budaya tetap terjaga meski dalam perbauran budaya, penting diperhatikan oleh lembaga yang bertugas merencanakan sebuah objek wisata.

Aspek ekonomi
Bidang ekonomilah yang paling menonjol jika berbocara pariwisata, hal tersebut mengingat tujuan utama dibukanya sebuah tempat wisata adalah agar bisa mensejahterakan masyarakat sekitar. Tentunya dibutuhkan manajemen yang matang untuk bisa mencapai hal tersebut. dalam pembahasan ini akan difokuskan pada bidang ekonominya.

Beberapa dampak ekonomi dengan adanya aktifitas pariwisata:
1.      Membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar.
Sudah barang tentu jika aktifitas pariwisata berjalan stabil, maka itu akan memberikan dampak perubahan ekonomi kepada masyarakat. Misalnya, dengan adanya aktifitas pariwisata, masyarakat bisa membuka tempat usaha berupa warung maupun took-toko souvenir[2].
2.      Meningkatkan valuta asing bagi Negara
Aktifitas pariwisata internasional tentunya akan memberikan keuntungan bagi Negara-negara yang dikunjungi.
3.      Meningkatkan perekonomian internasional
Industry pariwisata yang bergerak dalam tour internasional tentunya memiliki keuntungan besar dalam aktifitas pariwisata. Maka dengan demikian negara-negara yang memiliki potensi pariwisata yang tinggi akan mampu mendapatkan keuntungan yang berlimpah-limpah[3].

Aspek politik
Ada banyak pihak yang biasanya terlibat dalam perencanaan sebuah pariwisata, dan dalam beberapa hal, kepentingan-kepentingan politis tak bisa dinafikan dalam perncanaan tersebut. maka dari itu, sudah semestinya perencanaan pariwisata dilakukan dengan taransparansi yang tinggi. Semuanya menyangkut segala pihak yang terlibat dalam pemebentukan sebuah agrowisata.
Dalam observasi yang kami lakukan di wilayah Tuban, jawa timur, begitu banyak potensi wisata yang dimiliki namun tidak bisa dimaksimalisasikan. Dari keterangan yang kami dapatkan bahwa sebagaian besar tempat-tempat wisata telah masuk dalam kontrak perhutani dengan salah satu perusahaan industri yang sangat besar. Dan adapun masyarakat, barangkali karena minimnya sumber daya manusia, hanya bisa gigit jari.
Dalam perencanaan pariwisata, aspek politik seperti ini harus diperhatikan agar tujuan utama sebuah tempat wisata tidak hilang karena hegemoni maupun eksploitasi beberapa golongan[4].
Dengan demikian, perencanaan pariwisata menjadi penting adanya dengan melakukan pembacaan pada seluruh bidang kehidupan yang ada. Pertimbangan-pertimbangan yang rasional dan mengeneral harus selalu dikedepankan untuk sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat.


[1] Salah wahab, manajemen pariwisata, 1992. Jakarta: Pradnya Paramita hal: 65
[2] Lihat Oka A. Yoeti, ekonomi pariwisata. Hal 242
[3] Op sit, hal: 72-73
[4] Hasil observasi kelompok, diadakan tanggal 10 – 12 maret 2013.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Advertising

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

visitors

Copyright © 2012. Menggenggam Hikmah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz