Minggu, 15 Desember 2013

Pengertian Teologi Islam


Istilah teologi islam di indonesia dimulai sejak tahun 1970an yang ditandai dengan terbitnya buku teologi islam karangan harun nasution. Dalam bukunya tersebut, Harun Nasution menulis tentang aliran-aliran besar dalam islam yang muncul pertama kali pada masa khalifah ali. Proses lahirnya sekte dalam islam memang berawal dari problematikan politik, yakni pristiwa tahkim atau arbitrase antara khalifah Ali dan muawiyah bin abi shofian.
Penggunaan teologi islam oleh harun nasution beralasan bahwa kajian dalam bukunya menggunakan paradigma filsafat sehingga berbeda dengan sejarah islam. Terminologi tersebut kemudian berkembang dan menjadi trend pada pembahasan-pembahasan tentang paham-paham dalam islam. Teologi islam secara orientasi kajiannya, sama dengan ilmu kalam yang istilahnya telah lama digunakan dalam kajian aliran-aliran dalam islam
Teologi islam atau ilmu kalam dengan demikian sama, sebagaimana pendapat beberapa pengkaji ilmu keislaman dan filsafat. Ada beberapa pendapat para ulama’ tentang pengertian ilmu kalam itu sendiri. Diantarnya:
Al-farobi
الكلام غلم يبحث فيه عن ذات الله تعالى وصفاته و أحوال الممكنات من المبداء و المعاد على قانون الإسلام و القيد الأخير لإخراج العلم الإلهي للفلاسفة
Alfarobi mendefinisakan ilmu kalam sebagai ilmu yang mengkaji tentang ilmu dzat dan sifat Allah beserta eksistensi semua yang mungkin, baik yang berkaitan dengan dunia dan hari akhir yang berlandaskan doktrin islam serta menggunakan nalar filosofis.
Musthafa Abdur Razik
أن هذا العلم يعتمد على البراهين العقلية فيما يتعلق بالعقائد الإيمانية أي البحث في العقائد الإسلامية اعتمادا على العقل
Ilmu kalam adalah ilmu yang berkaitan dengan akidah imani ini sesungguhnya dibangun di atas argumentasi-argumentasi rasional  atau ilmu yang berkaitan dengan akidah islami bertolak atas bantuan nalar.



Ibnu Khaldun
هو العلم يتضمن الحجاج عن العقائد الإيمانية بالعدلة العقلية
Ilmu kalam adalah disiplin ilmu yang mengandung berbagai argumentasi tentang akidah imani yang diperkuat dalil-dalil rasional. 

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa ilmu kalam atau teologi islam adalah ilmu yang membahas tentang masalah ketuhanan dengan segala sekte-sekte yang berkembang di dalamnya dengan pendekatan rasional dan wahyu ilahi.  

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Advertising

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!

visitors

Copyright © 2012. Menggenggam Hikmah - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz